RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran :
Bahasa Jepang Kelas/Semester : XI/Gasal
Pertemuan
Ke- :
2
Alokasi
Waktu :
2 Jam Pelajaran @50 menit
Standar
Kompetensi :
·
Mendengarkan.
Memahami
wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
·
Berbicara.
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
kehidupan sekolah.
·
Membaca.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
·
Menulis.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
kehidupan sekolah.
Kompetensi
Dasar :
·
Mendengarkan.
ü Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frase, kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan
membedakan secara tepat.
ü Memperoleh
informasi umum dari berbagai bentuk wacana sederhana.
·
Berbicara.
ü Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal yang benar dalam kalimat sederhana sesuai
konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa santun.
ü Melakukan
dialog sederhana dengan lancer dan tepat yang mencerminkan kecakapan
berkomunikasi santun.
·
Membaca.
ü Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana tulis sederhana.
ü Memperoleh
informasi secara rinci dari wacana tulis.
ü Membaca
nyaring frasa, kalimat atau kata dalam wacana tulis dengan huruf jepang.
·
Menulis.
ü Menulis
dengan menggunakan huruf jepang.
ü Mengungkapkan
informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana yang mencerminkan kecakapan
menggunakan kata, frase, dalam kalimat dengan huruf dan struktur yang tepat.
Indikator :
·
Mendengarkan.
ü Mengidentifikasikan
mengenai waktu (jam, hari, bulan, tanggal) dan kegiatan yang dilakukan di
sekolah.
ü Mengidentifikasikan
hubungan anggota keluarga sendiri dan orang lain.
·
Berbicara.
ü Menyebutkan
waktu (jam, hari, bulan, tanggal) dan kegiatan sekolah.
ü Menceritakan
hubungan anggota keluarga sendiri dan orang lain (sebutan, jumlah, dan
pekerjaan).
·
Membaca.
ü Mengidentifikasikan
isi teks yang berkaitan dengan kegiatan sekolah.
ü Mengidentifikasikan
isi teks yang berkaitan dengan hubungan anggota keluarga sendiri dan orang
lain.
·
Menulis.
ü Menyusun
kalimat atau wacana sederhana tentang kegiatan sekolah.
ü Mengungkapkan
informasi dalam bentuk tulisan mengenai anggota keluarga.
I.
Tujuan Pembelajaran
§
Agar siswa dapat
mendengarkan penjelasan bahasa jepang dari guru dengan baik.
§
Agar siswa dapat
berbicara bahasa jepang secara fasih.
§
Agar siswa dapat
membaca tulisan bahasa jepang dengan baik.
§
Agar siswa dapat
menulis bahasa jepang dengan benar.
II.
Materi Ajar
§
Mendengarkan.
§
Berbicara.
§
Membaca.
§
Menulis.
III.
Metode Pembelajaran
§
Metode ceramah:
penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada siswa.
§
Metode diskusi:
pelibatan dua orang siswa atau lebih untuk berinteraksi dan saling bertukar
pendapat.
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
§
Berdoa bersama
§
Presensi siswa
§
Review mata pelajaran
minggu lalu
B. Kegiatan
Inti
§
Mendalami dan memahami
bagaimana cara mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dengan baik.
C. Kegiatan
Akhir
§ Mereview
kembali bagian mana yang masih sulit dimengerti.
§ Penugasan.
V.
Alat/bahan/sumber
belajar
§
Buku paket Bahasa
Jepang
§
LCD Proyektor/Power
Point
§
Kertas tulisan bahasa
jepang
VI.
Penilaian
Penilaian didasarkan pada:
§ Nilai
tugas harian 20%
§ Nilai
tugas kelompok 20%
§ Nilai
ujian tengah semester 30%
§ Nilai
ujian akhir semester 30%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar