Rabu, 02 Maret 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran          : Bahasa Jepang 
Kelas/Semester          : XI/Gasal
Pertemuan Ke-          : 2
Alokasi Waktu           : 2 Jam Pelajaran @50 menit
Standar Kompetensi :
·         Mendengarkan.
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
·         Berbicara.
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
·         Membaca.
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
·         Menulis.
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
Kompetensi Dasar     :
·         Mendengarkan.
ü  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase, kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.
ü  Memperoleh informasi umum dari berbagai bentuk wacana sederhana.
·         Berbicara.
ü  Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang benar dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa santun.
ü  Melakukan dialog sederhana dengan lancer dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
·         Membaca.
ü  Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana tulis sederhana.
ü  Memperoleh informasi secara rinci dari wacana tulis.
ü  Membaca nyaring frasa, kalimat atau kata dalam wacana tulis dengan huruf jepang.
·         Menulis.
ü  Menulis dengan menggunakan huruf jepang.
ü  Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase, dalam kalimat dengan huruf dan struktur yang tepat.
Indikator                    :
·         Mendengarkan.
ü  Mengidentifikasikan mengenai waktu (jam, hari, bulan, tanggal) dan kegiatan yang dilakukan di sekolah.
ü  Mengidentifikasikan hubungan anggota keluarga sendiri dan orang lain.
·         Berbicara.
ü  Menyebutkan waktu (jam, hari, bulan, tanggal) dan kegiatan sekolah.
ü  Menceritakan hubungan anggota keluarga sendiri dan orang lain (sebutan, jumlah, dan pekerjaan).
·         Membaca.
ü  Mengidentifikasikan isi teks yang berkaitan dengan kegiatan sekolah.
ü  Mengidentifikasikan isi teks yang berkaitan dengan hubungan anggota keluarga sendiri dan orang lain.
·         Menulis.
ü  Menyusun kalimat atau wacana sederhana tentang kegiatan sekolah.
ü  Mengungkapkan informasi dalam bentuk tulisan mengenai anggota keluarga.

I.                   Tujuan Pembelajaran
§  Agar siswa dapat mendengarkan penjelasan bahasa jepang dari guru dengan baik.
§  Agar siswa dapat berbicara bahasa jepang secara fasih.
§  Agar siswa dapat membaca tulisan bahasa jepang dengan baik.
§  Agar siswa dapat menulis bahasa jepang dengan benar.
II.                Materi Ajar
§  Mendengarkan.
§  Berbicara.
§  Membaca.
§  Menulis.
III.             Metode Pembelajaran
§  Metode ceramah: penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada siswa.
§  Metode diskusi: pelibatan dua orang siswa atau lebih untuk berinteraksi dan saling bertukar pendapat.
IV.             Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
§  Berdoa bersama
§  Presensi siswa
§  Review mata pelajaran minggu lalu
B.     Kegiatan Inti
§  Mendalami dan memahami bagaimana cara mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dengan baik.
C.    Kegiatan Akhir
§  Mereview kembali bagian mana yang masih sulit dimengerti.
§  Penugasan.
V.                Alat/bahan/sumber belajar
§  Buku paket Bahasa Jepang
§  LCD Proyektor/Power Point
§  Kertas tulisan bahasa jepang
VI.             Penilaian
Penilaian didasarkan pada:
§  Nilai tugas harian 20%
§  Nilai tugas kelompok 20%
§  Nilai ujian tengah semester 30%
§  Nilai ujian akhir semester 30%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar