STRATEGI MENCARI PEKERJAAN
Mencari pekerjaan dapat menyita banyak waktu dan cukup
sulit. Strategi mencari pekerjaan selalu berkembang dengan ekonomi baru kita
yang membuatnya penting agar anda dapat menjaga dengan perubahan dan adaptasi
teknik anda untuk memastikan bahwa anda tidak akan tertinggal di belakang! Anda
harus:
1. Menetapkan tujuan anda – Apa yang ingin
anda lakukan dan mengapa?
Jika anda tidak tahu apa pekerjaan yang
benar-benar ingin anda lakukan, anda mengetahuinya darimana untuk melihat itu?
Menilai diri sendiri akan membantu anda dalam mencari pekerjaan untuk 2-3 kunci
industri. Tanyakan pada diri anda beberapa pertanyaan kritis:
·
Apa kemampuan unik dan atribut yang akan anda
tawarkan?
·
Apa yang anda gemari?
·
Kemampuan apa yang ingin anda gunakan dalam
bekerja?
·
Apa yang terpenting bagi anda untuk menikmati
pekerjaan? Mempertimbangkan kesempatan untuk kemajuan, yang anda butuhkan untuk
fleksibilitas dan kebebasan berkreativitas, apa pekerjaan seimbang dengan yang
anda inginkan, dan penghargaan (finansial dan lainnya).
·
Apa tujuan realistik bagi anda mengingat
pendidikan anda, kemampuan, dan pengalaman?
2. Meneliti pilihan anda – Lokasi pasar kerja
tersembunyi.
Pertama anda harus memiliki rasa untuk
pekerjaan yang anda inginkan, penelitian ini diperlukan untuk menentukan dimana
kesempatan para pekerja. Menanyakan kunci pertanyaan dapat mempersempit pilihan
pekerjaan anda:
·
Apa jenis pekerjaan yang sesuai dengan jawaban
anda dari pertanyaan diatas?
·
Bisnis dan organisasi yang mana yang menawarkan
jenis pekerjaan tersebut?
·
Apakah atasan tersebut sedang mencari karyawan?
·
Siapa orang yang anda butuhkan untuk menjalin
jaringan kerja?
Lakukan penelitian anda
menggunakan internet, melalui informasi pertemuan dengan karyawan dan
supervisor di perusahaan, dan dengan membaca beberapa koran yang berbeda,
pelaporan bisnis dan majalah perdagangan. Mencari tenaga kerja yang spesifik
dalam pasar informasi (perusahaan mana yang berpindah kota, yang mana yang
memperluas dan yang mana yang menggabungkan). Buatlah tujuan anda untuk
mengetahui apa yang akan terjadi dalam komunitas anda! Dari informasi ini
berkaitan dengan tujuan pekerja dan mengembangkan sebuah ‘daftar memimpin
pekerjaan’.
3. Peluang kontak – Memasuki pasar kerja
tersembunyi.
Ketika melakukan penelitian anda ke pilihan
pekerja, anda akan mulai mengungkap ‘pasar kerja tersembunyi’, lebih dari 85%
pekerjaan tidak pernah di iklankan, ini meninggalkan banyak kesempatan kerja
untuk ditemukan.
Pekerja yang setuju, jaringan kerja adalah
sangat signifikan dan jalan terbaik untuk menjaga pekerjaan daripada mengirim
rangkuman untuk iklan pekerjaan! Jaringan kerja terdapat beberapa jalan, ini
dapat termasuk mempunyai secangkir kopi dengan seorang teman, menghadiri
pameran dagang industri, bergabung dengan asosiasi industri, dan bertanya
informasi wawancara dengan pembuat keputusan di bidang pilihan anda. Ketika
jaringan kerja mempertimbangkan untuk:
·
Keluarga, teman, tetangga.
·
Guru, pelatih, penasihat.
·
Atasan terdahulu, rekan kerja, dan rekan-rekan.
·
Anggota klub, kelompok agama, dan organisasi
lain yang tergabung.
4. Pemasaran – Membuat data diri anda dan
sampul surat!
Dengan sangat berhati-hati memelihara
jaringan kerja untuk kesempatan anda akan mendengar tentang kesempatan kerja.
Ketika anda mendengar tentang kesempatan yang menarik anda jangan menunggu
mereka untuk mengiklankannya – segera berbicara kepada seseorang di perusahaan.
Pada saat itu sangat penting bahwa anda dalam keadaan benar untuk
mendemonstrasikan ketertarikan anda. Semua difikirkan secara hati-hati dalam
menulis sampul surat dan data diri.
5. Sukarela – Sebuah cara yang terbukti untuk
membayar pekerja.
Komposisi kunci beberapa siswa memastikan
sebuah kesuksesan dari sekolah untuk bekerja secara sukarela. Melalui relawan
anda mendapat kepercayaan untuk menggunakan kemampuan dan pengetahuan yang anda
dapatkan di sekolah, anda memperoleh pekerjaan berdasarkan kemampuan dan
pengalaman, anda mulai membangun sebuah reputasi dalam komunitas dan anda
mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang kuncinya. Sukarela adalah
sebuah loncatan untuk membayar pekerja.
MITOS MENCARI PEKERJAAN
|
REALITAS BARU
|
Jika saya scan koran pada seksi
“bantuan”, ulasan kiriman pekerjaan dan jelajah internet, saya akan menemukan
pekerjaan.
|
Mungkin, 15% dari pekerjaan tetap
diiklankan dalam bentuk tradisional. Poin terpenting bukan untuk memperoleh
pekerjaan. Juga tetap jaga pikiran anda lebih baik dalam menemukan pekerjaan
sebelum itu diiklankan.
|
Fax lebih dari 100 data diri untuk
banyak perusahaan akan memudahkan saya untuk mendapatkan pekerjaan.
|
Anda akan mendapat kesuksesan dengan
target 5-10 organisasi yang anda inginkan untuk bekerja dan mendapat
informasi melalui wawancara.
|
Semua yang saya lakukan agar semua
orang tahu saya mencari pekerjaan dan menunggu telepon berbunyi dengan tawaran
pekerjaan.
|
Mencari pekerjaan tidak pernah mudah.
Mencari pekerjaan yang baik akan melibatkan banyak waktu dan tenaga. Mencari
pekerjaan dapat menyita banyak waktu untuk itu. Lihat jawaban diatas.
|
Orang yang paling berkualitas akan
mendapatkan pekerjaan.
|
Belum tentu, orang yang dapat menjalin
jaringan kerja dengan kunci pembuat keputusan dan dapat menampilkan kemampuan
yang benar dan pendidikannya akan mendapatkan pekerjaan.
|
Pekerjaan tradisional mencari strategi
pekerjaan dari orang tua saya akan bekerja menggantikan mereka.
|
Mungkin, ada sebuah kesempatan kerja
yang luar biasa daripada itu dan anda mungkin tidak pernah menemukan apa yang
akan anda cari.
|
Mencari pekerjaan tidaklah mudah. Dengan mengikuti saran yang dibahas
pada lembaran ini anda akan memiliki strategi terstruktur dan efektif yang akan
memberikan hasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar