KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah saya panjatkan
kehadirat Allah SWT atas limpahan segala rahmat, taufik, dan hidayahnya
sehingga penulisan makalah yang berjudul Administrasi Berbasis Elektronik (E-Administration)
di Lingkungan Pendidikan ini dapat diselesaikan
sesuai dengan rencana. Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk menyelesaikan
tugas dari matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan. Selain itu juga sebagai salah
satu referensi bagi para pembaca makalah ini.
Penulis juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada
dosen pengampu pada mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan ini, yaitu Bapak Muhammad
Zaeni, S.S, M.Pd. Saya juga mengucap banyak terimakasih kepada kedua orang tua
dan juga teman-teman yang telah memberikan semangat kepada penulis.
Harapan saya semoga makalah ini membantu
menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat
memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak banyak
kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh karena itu saya
harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat
membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Malang, 02
Desember 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………. 1
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………… 2
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………… 3
I.
Latar Belakang Masalah……………………………………………………... 3
II.
Rumusan Masalah……………………………………………………………. 3
III.
Tujuan Penelitian……………………………………………………………... 4
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………………. 5
I.
Pengertian Komputerisasi……………….…………………………………… 5
II.
Tujuan e-administration……………………………………………………… 6
III.
Kendala e-administration……………………………………….…………….. 7
BAB III PENUTUP……………………………………………………………………… 8
I.
Kesimpulan……………………………………………………………………. 8
II.
Saran………………………………….……………………………………….. 8
DAFTAR RUJUKAN…………………………………………………………………….. 9
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
I. Latar
Belakang Masalah
Perkembangan pendidikan di
Indonesia dari tahun ke tahun terus berkembang salah satu faktor penyebabnya
karena adanya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya pendidikan untuk
anak-anak mereka, semua itu terbukti dengan meningkatnya jumlah lembaga
pendidikan di berbagai daerah dan menurunnya jumlah angka putus sekolah. Banyaknya
peserta didik dan juga lembaga pendidikan akan berdampak pada pengelolaan
administrasi yang semakin komplek, yang akan menuntut adanya kelancaran dalam
hal mengelola data pendidik (Guru), karyawan, peserta didik dan lain
sebagainya.
Mengelola administrasi secara manual bukanlah solusi terbaik untuk dapat di aplikasikan pada jaman modern sekarang ini, karena akan membawa beban dan membuang-buang biaya. Mengelola administrasi secara komputerisasi atau sering disebut juga dengan e-administration atau administrasi berbasis komputerisasi adalah pilihan terbaik guna menunjang efektifitas dan kelancaran administrasi.
Mengelola administrasi secara manual bukanlah solusi terbaik untuk dapat di aplikasikan pada jaman modern sekarang ini, karena akan membawa beban dan membuang-buang biaya. Mengelola administrasi secara komputerisasi atau sering disebut juga dengan e-administration atau administrasi berbasis komputerisasi adalah pilihan terbaik guna menunjang efektifitas dan kelancaran administrasi.
Permasalahan administrasi akan terasa dampaknya pada suatu lembaga pendidikan/sekolah yang tidak memiliki sarana prasarana dan sumber daya manusia/pengelola administrasi di lembaga itu. Dengan permasalahan itu penulis akan menjelaskan bagaimana permasalahan e-administration itu muncul.
II. Rumusan
Masalah
1. Apakah pengertian dari
komputerisasi ?
2. Apakah tujuan dari e-administration
?
3. Apa sajakah kendala dari e-administration
?
III. Tujuan
Penelitian
1. Untuk mengetahui pengertian
komputerisasi.
2. Untuk mengetahui tujuan dari e-administration.
3. Untuk mengetahui apa saja kendala
dari e-administration.
BAB II
PEMBAHASAN
I.
Pengertian Komputerisasi
Komputerisasi adalah “Pengembangan dari suatu
system yang mulanya tidak menggunakan komputer menjadi sistem yang menggunakan
komputer system manual atau penggunaan manusia lebih tidak efisien dan tidak
efektif dikarenakan memakan banyak waktu dan biaya untuk mengatasinya digunakan
tenaga mesin berupa penggunaan komputer guna penghematan biaya dan dapat
menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu”
Jadi administrasi komputerisasi adalah usaha untuk mendayagunakan semua sumber daya berupa personil maupun materil untuk penyelengaraan suatu tujuan tertentu dengan bantuan perangkat/mesin yang disebut dengan komputer, guna mempercepat, mempermudah dan penghematan biaya dan waktu.
Jadi administrasi komputerisasi adalah usaha untuk mendayagunakan semua sumber daya berupa personil maupun materil untuk penyelengaraan suatu tujuan tertentu dengan bantuan perangkat/mesin yang disebut dengan komputer, guna mempercepat, mempermudah dan penghematan biaya dan waktu.
Berikut adalah
pengertian computer menurut beberapa ahli:
a.
Menurut
Donald H. Sanderes, 1985
Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).
Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).
b.
Menurut
Robert H. Blissmer, 1985
Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
c.
Menurut Larry
Long dan Nancy Long
Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.
Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.
d.
Menurut Elias
M. Awad
Awad mengungkapkan, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
Awad mengungkapkan, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
e.
Menurut William
M. Fuori
Fauri berpendapat, komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Fauri berpendapat, komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
f.
Menurut Williams,
Sawyer
Sedangkan menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan
Sedangkan menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan
Demikian
pengertian/ definisi
komputer menurut
para ahli yang sebenarnya memiliki pemahaman yang tidak berbeda jauh.
Masing-masing pendapat di ungkapkan dalam buku mereka dan di terbitkan pada
tahun yang berbeda dan tentunya memiliki pemahaman yang sedikit berbeda pula.
II.
Tujuan e-administration
Tujuan e-administration adalah melaksanakan
usaha-usaha tertentu agar dapat terlaksana sesuatu usaha dengan tujuan
tersebut.
Administrasi sebagai suatu pengumpulan dan penyelesaian masalah operasional yang dihadapi sehari-hari di sekolah meliputi komponen-komponen sebagai berikut:
a. Program Pengajaran
b. Kemuridan
c. Kepegawaian
d. Perlengkapan / barang
e. Keuangan
Dalam pelaksanaan administrasi yang dilakukan dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan di sekolah mempunyai tiga prinsip yaitu:
a. Administrasi harus bersifat praktis, dapat dikerjakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi nyata di sekolah
b. Administrasi harus bersifat sebagai sumber informasi bagi pengembangan pengelolaan pendidikan dan peningkatan proses kegiatan belajar mengajar.
c. Administrasi dilaksanakan melalui suatu sistem dan mekanisme kerja yang menujang pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar di sekolah
Administrasi sebagai suatu pengumpulan dan penyelesaian masalah operasional yang dihadapi sehari-hari di sekolah meliputi komponen-komponen sebagai berikut:
a. Program Pengajaran
b. Kemuridan
c. Kepegawaian
d. Perlengkapan / barang
e. Keuangan
Dalam pelaksanaan administrasi yang dilakukan dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan di sekolah mempunyai tiga prinsip yaitu:
a. Administrasi harus bersifat praktis, dapat dikerjakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi nyata di sekolah
b. Administrasi harus bersifat sebagai sumber informasi bagi pengembangan pengelolaan pendidikan dan peningkatan proses kegiatan belajar mengajar.
c. Administrasi dilaksanakan melalui suatu sistem dan mekanisme kerja yang menujang pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar di sekolah
III.
Kendala e-administration
Pengelolaan administrasi tanpa bantuan suatu
teknologi akan sangat tidak efisien dan membuang-buang biaya serta waktu
percuma hanya untuk mengerjakan suatu pekerjaan sepele. Dengan adanya teknologi
khususnya komputer pekerjaan administrasi akan sangat terbantu dan waktu dan
biaya pun akan dapat dipergunakan secara efisien.
Namun kendala bagi sekolah yang tidak memiliki sarana penunjang berupa komputer dan sumber daya manusia yang memadai dalam hal penanganan administrasi di sekolah. Karena dengan dua hal tersbut kelancaran administrasi akan berjalan secara efisien.
Ada beberapa faktor kendala penanganan administrasi yang dihadapi sebuah lembaga sekolah dalam hal administrasi komputerisasi:
1. Tidak adanya saran komputer
Komputer merupakan sarana penting yang tidak bisa diganti dengan sarana yang lain. Karena dengan komputer pekerjaan dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat. Bisa dibayangkan bagaimana pengolahan administrasi hanya menggunakan mesin TIK jaman dulu. Berapa jumlah waktu dan biaya akan terbuang hanya untuk mengerjakan pembuatan daftar siswa.
2. Tidak adanya sumber daya manusia yang memadai
Sumber daya manusia juga tidak kalah penting dalam hal penanganan administrasi di sebuah lembaga pendidikan, karena tanpa ada seorang operator yang siap pakai dan bisa menggunakan komputer maka mustahil pekerjaan administrasi dapat terselesaikan dengan cepat, tepat dan baik.
3. Tidak sanggupnya sekolah menyediakan komputer
Banyak sekolah yang belum sanggup membeli sebuah komputer dengan alasan dana yang tidak ada. Sehingga untuk menyelesaikan administrasinya sebuah sekolah harus mengeluarkan dana lebih untuk membayar jasa pengetikan ke sebuah rental komputer.
Namun kendala bagi sekolah yang tidak memiliki sarana penunjang berupa komputer dan sumber daya manusia yang memadai dalam hal penanganan administrasi di sekolah. Karena dengan dua hal tersbut kelancaran administrasi akan berjalan secara efisien.
Ada beberapa faktor kendala penanganan administrasi yang dihadapi sebuah lembaga sekolah dalam hal administrasi komputerisasi:
1. Tidak adanya saran komputer
Komputer merupakan sarana penting yang tidak bisa diganti dengan sarana yang lain. Karena dengan komputer pekerjaan dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat. Bisa dibayangkan bagaimana pengolahan administrasi hanya menggunakan mesin TIK jaman dulu. Berapa jumlah waktu dan biaya akan terbuang hanya untuk mengerjakan pembuatan daftar siswa.
2. Tidak adanya sumber daya manusia yang memadai
Sumber daya manusia juga tidak kalah penting dalam hal penanganan administrasi di sebuah lembaga pendidikan, karena tanpa ada seorang operator yang siap pakai dan bisa menggunakan komputer maka mustahil pekerjaan administrasi dapat terselesaikan dengan cepat, tepat dan baik.
3. Tidak sanggupnya sekolah menyediakan komputer
Banyak sekolah yang belum sanggup membeli sebuah komputer dengan alasan dana yang tidak ada. Sehingga untuk menyelesaikan administrasinya sebuah sekolah harus mengeluarkan dana lebih untuk membayar jasa pengetikan ke sebuah rental komputer.
BAB III
PENUTUP
I.
Kesimpulan
Dari makalah
diatas dapat disimpulkan bahwa:
1.
Administrasi berbasis elektronik memiliki
banyak kelebihan.
2.
Administrasi berbasis elektronik juga mempunyai
banyak kekurangan.
3.
Administrasi berbasis elektronik mempunyai
banyak manfaat untuk semua kalangan.
II.
Saran
Kepada para penulis selanjutnya untuk lebih melihat
lebih detail tentang manfaat administrasi berbasis elektronik di dunia
pendidikan untuk masa sekarang ini. Karena penulis merasa kalau administrasi
berbasis elektronik sangat bermanfaat untuk para administrator maupun untuk
para guru, dosen, siswa, ataupun mahasiswa bahkan wali siswa/mahasiswa.
DAFTAR
RUJUKAN
http://www.likethisya.com/pengertian-komputer.html (diakses pada
02 Desember 2014)
http://buahbuahano7.kazeo.com/pengertian-komputerisasi-menurut-para-ahli,a4787186.html (diakses pada
02 Desember 2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar